Laptop Baru ? Begini Cara merawatnya


    Seneng punya laptop baru ? iya dong pasti seneng, apalagi baru pertama kali punya laptop senengnya kebangetan.nah pengalaman saya waktu mempunyai laptop baru, rasanya pingin mainin terus laptopnya, tapi saya pernah berfikir "laptop saya suka di mainin tiap hari, apa gabakalan rusak" setelah itu saya tanya-tanya ke mba-mba di toko komputer, "mba kalau di setiap hari di mainin terus gimana mba" kata si mbanya "wajar de, ade baru pertama kali punya laptop, ntar kalau udah bosen gabakal di mainin setiap hari" ko jadi cerita, kembali lagi ke tkp. karna saya malu nanya terus ke si mba jadinya saya baca-baca, ternyata tidak begitu sulit dalam perawatan laptop, gak kaya perawatan wajah kok.

    kak gimana kalau saya sering mainin laptop terus sambil di isi daya ? begini tong kita ambil filosofi dari manusia, saat manusia di pekerjakan secara terus menerus tanpa istirahat sedikitpun, pasti akan merasakan kelelahan dan ujung-ujungnya sakit, nah ini laptop buatan manusia di kerjakan secara terus menerus, pasti akan ada kerusakan contoh, ketika laptop di mainkan secara terus menerus si prosesor itu bekerja lebih keras, efeknya akan menyebabkan panas, kalau dibiarkan secara terus menerus pasti terjadi koslet/mati. nah agar berkahir seperti yang saya ceritakan, lakuin hal ini :


  1. Hindari pemakain secara terus menerus
  2. Jangan memainkan saat mengisi daya atau bahasa gaulnya di cas, kalau bener-bener pengen main sembari di cas, copot ajah baterainya
  3. Bersihkan 2 minggu sekali atau 1 bulan sekali layar lcd dan keyboard, jangan jorok layar lcd udah banyak debu, tapi masih enjoy malu dong tong.
  4. Hindari sinar matahari langsung (kaya kemasan air minum yah) maksudnya, hindari sinar matahari langsung mengarah ke laptop, karena bakal menyebabkan kerusakan pada layar lcd
  5. Membeli coolpad atau kipas pendingin, gak juga gak papa pakai kipas rumah ajah di modifikasi
  6. jangan asal mendownload software, musik, vidio dll, hayo kenapa ? begini tong sekarang itu kejahatan di internet udah gak kekontrol, banyak orang yang menyebarkan virus lewat software, musik, vidio dll, apalagi gak pake anti virus, kak saya pake kok cuman gak real time, itu sama ajah tong. saran nih tong instal anti virus seperti smadav, bitdefender, avira, anti malware bytes, dan masih banyak lagi. kecuali agan pake sistem linux yang open source, masa yang buat virus kena virus tapi bisa ajah sih.
  7. Jangan sesekali menaruh makanan di dekat laptop apalagi keyboard, ntar senasib kaya saya, yang nyimpen minuman di samping keyboard dan tanpa sengaja saya menumpahkannya, hati saya sakit saat melihat ar minum masuk ke keyboard, meskipun tak sebanyak air mata saya, tapi membuat keyboard saya gak jalan sebagian karna terkena air.
  8. jangan nyimpen laptop asal masuk ke atas, gini tong laptop itu gak sekuat hati yang selalu patah oleh dia, kalau laptop patah yah patah, tapi belum pernah denger sih laptop patah gara-gara ketumpuk-tumpuk di tas,  tapi jaga-jaga ajah kan di dunia gak ada yang gak mungkin.
  9. sekarang dengan adaptornya, jangan mencabut colokan adaptor ke laptop dengan asal-asalan, akibatnya sangat buruk bisa-bisa gak bisa isi ulang daya Laptop lagi.
  10. jangan menekan keyboard dengan amarah, biasa ajah santai jangan terburu-buru. akibatnya fatal loh nanti keyboardnya rusak gak jalan, ganti keyboard laptop itu gak murah tong 
sekian dari saya, semoga bermanfaat bagi laptop agan dan agan sendiri, terima kasih 


1 comment:

Peraturan ber komenter :
1. Dilarang spam
2. Tidak boleh menyimpan link aktiv/pornografi
3. No bully dan sara
Pakai lah kata kata yang sopan dan relavan sesuia dengan pos jangan melenceng dari post !!