Waktu yang istimewa untuk berdoa

Admin T :
"semua di dunia ini akan pergi dan tak akan pernah kembali, kecuali doa, ia pergi kemudian kembali membawa apa yang di harapkan"

Istijabah ialah terkabulnya doa secara fleksibel bergantung kepada kehendak allah seutuhnya, entah ditunda, di beri disisi-nya, sedangkan ijabah ialah terpenuhinya doa persis sesuai permintaan hamba, tenetu ijabah lebih kita harapkan.
oleh karena itu, ada waktu-waktu khusus untuk berdoa yang dipanjatkan dan akan di kabulkan.

  1. sepertiga malan terakhir. sebagaimana sabda rasulullah saw. "Allah turun ke langit bumi setiap malam saat tersisa sepertiga malam terakhir" kemudian allah swt berfirman "Adakah yang sedang berdoa kepadaku, maka aku kabulkan. adakah yang bertobat padaku, maka aku ampunkan," (HR. BUKHARI dan MUSLIM)
  2. Pada waktu sujud.rasulullah saw bersabda "jarak yang paling dekat dengan hambaku antara seorang hamba dengan tuhannya adalah pada waktu sujud, maka perbanyaklah berdoa pada waktu sujud. "(HR.MUSLIM)
  3. Waktu antara azan dan ikamah. sabagaimana hadis yang di riwayatkan ibnu daud dan ibnu hibban bahwa rasulullah saw bersabda "Ucapkanlah seperti apa yang di ucapkan oleh para muazin itu, dan jika kalian selesai menjawab, maka memohonlah (berdoalah), kalian pasti diperkenankan.
  4. Setelah salat wajib. hal ini bagaimana pernyataan seseorang kepada rasulullah saw. "wahai rasulullah, doa apakah yang dikabulkan? rosulullah menjawab : "Doan yang di panjatkan pada malam terakhir dan paf akhir salat fardu"
  5.  Pada hari jumat. Dari abu hurairah r.a bahwa rasulullah saw. menyebut hari jumat kemudian beliau bersabda: "Di dalamnya ada suatu saat (yang mustajab)tidaklah seorang muslim yang kebetulan waktu itu sedang mendirikan salat atau menungu salat dan memohon kepada allah sesuatu, melainkan allah pasti mengabulka permohonannya. dan rasulullah mengisyaratkan dengan tangannya akan sedikit saat mustajab itu. para ulama berbeda pendapat mengenai hari yang pasti pada hari jumat ini, namun kebanyakan dari mereka mengatakan bahwa waktunya terletak di antara dua khotbah jumat.
  6. Waktu lailatul Qodar. yaitu malam-malam yang terjadi pada bulan ramadhan sebagaimana yang di firmankan Allah swt. bahwa malam lailatul qodar mulia di banding dengan seribu bulan, karena pada malam itu malaikat jibril dan para malaikat lainnya turun ke bumi untuk mengatur berbagai hal termasuk kebutuhan manusia. malam itu akan berlangsung hingga terbit fajar. atas hal tersebut ini, imam Asy-Syaukani berkata bahwa kemulian lailatul qodar mengharuskan doa setiap orang pasti akan di kabulkan.
  7. ketika minu air zamzam di sertai doa yang tepat. rasulullah saw. bersabda dalam suatu wirayat.
  8. ketika akan tidur dengan keadaan suci, disertai bangun untuk salat malam. hal ini senda dengan satu riwayat "tiada seorang muslim yang tidur dalam keadaan bersuci. kemudian ketika ia bangun di tengah malam, ia berzikir dan meminta kepada allah suatu kebaikan didunia atau akhirat, kecuali allah pasti mengabulkannya" (HR.Ahmad)
  9. Ketika turun hujan, disebutkan dalam beberapa riwayat, di antaranya "carilah doa yang mustajab pada tiga keadaan . bertemu dua pasukan. menjelang salat dilaksanakan. saat hujan turun
  10. Setelah tasyhud akhir dari salat.rasulullah ada yang bertanya "wahai rasulullah saw. kapan doa kita akan di dengar oleh allah? beliau bersabda "Pada akhir mala dan akhir salat wajib" (HR.Tirmidzi)
     Ibnu Qayyim al jauziyyah dalam zaadul ma'ad menjelaskan bahwa yang dimaksud akhir salat wajib adalah sebelm salam. tidak terdapat riwayat nabi muhammad say. dan para sahabat merutinkan berdoa sesuatu setelah salam pada salat wajib. Ahli fikih maskin, syaikh ibnu ustmani berkata :"apakah berdoa setelah salat itu disyariatkan atau tidak?jawabnya tidak di isyaratkan karena allah swt. berfirman "jika engkau telat salat, berzikirlah" (Q.S. Anisa (4):(103)

     Dari sekian waktu mustajab tersebut, kita perhatikan bahwa rata-rata waktu tersebut selalu berhubungan dengan ibadah, terutama ibadah salat. ini mengindikasikan bahwa memang salatlah merupakan doa yang paling msutajab. dengan kata lain, jika kita ingin berdoa untuk kedua orang tua kita maka laksanakanlah salat lima waktu.memang itu kewajiba kita semua.

No comments:

Post a Comment

Peraturan ber komenter :
1. Dilarang spam
2. Tidak boleh menyimpan link aktiv/pornografi
3. No bully dan sara
Pakai lah kata kata yang sopan dan relavan sesuia dengan pos jangan melenceng dari post !!